Mar 25, 2007

Visi Indonesia 2030


Indonesia di tahun 2030 akan menjadi negara maju dan sejahtera. Visi 2030 akan mempunyai empat pencapaian :
1. Indonesia akan masuk dalam lima besar kekuatan ekonomi dunia dengan tingkat pendapatan per kapita sebesar 18.000 dollar Amerika Serikat (AS) per tahun. Ini berarti Indonesia berada di posisi setelah China, India, AS, dan Uni Eropa.
2. Sedikitnya 30 perusahaan Indonesia masuk daftar 500 perusahaan besar dunia.
3. Adanya pengelolaan alam yang berkelanjutan
4. Terwujudnya kualitas hidup yang merata

Untuk mencapai misi tersebut, menurut Yayasan Indonesia Forum, mensyaratkan beberapa hal, pertama, ekonomi berbasiskan keseimbangan pasar terbuka dengan dukungan birokrasi yang efektif. Kedua, adanya pembangunan sumber daya alam, manusia, modal, serta teknologi yang berkualitas dan berkelanjutan. Ketiga, perekonomian yang terintegrasi dengan kawasan sekitar dan global.

Sudah lama saya mengidam-idamkan negara ini bisa maju dan sejahtera seperti negara lainnya di kawasan Asia Tenggara, masak, Indonesia yang merdeka lebih dulu ketimbang Malaysia bisa lebih lambat pembangunannya dibanding negara melayu itu? itu semua karena budaya bangsa ini, yang selalu memberi maaf atas sebuah kesalahan yang ternyata kesalahan yang sangat fatal, akibatnya budaya ini terus berakar dan merambah sektor publik yang notabene adalah sektor pelayanan masyarakat.Bisa dilihat, birokrat-birokrat negara ini yang sudah begitu parahnya. Saya pribadi menyangsikan terwujudnya visi tahun 2030 itu , mungkin saja baru akan terwujud 100 tahun mendatang atau bahkan tidak pernah terwujud?

No comments:

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)