Mar 1, 2007

untung ada Dian Sastro

Sepintas melihat iklan di televisi yang menampilkan Dian Sastro. Bukan sembarang iklan rupanya, sebuah kampanye global mengenai pembangunan negara-negara berkembang dalam wacana MDG (Millenium Development Goals). Dibungkus dengan gaya bertuturnya yang lugas membuat saya penasaran mengenai MDG ini (walaupun ketika kuliah Sistem Perumahan saya sudah mengenal MDG ini). Sedikit mereview mengenai program yang di rancang oleh PBB , kedelapan tujuan millennium itu adalah :

  1. Mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim
  2. Pendidikan
  3. Kesetaraan gender
  4. Mengurangi angka kematian bayi
  5. Meningkatkan kesehatan ibu hamil
  6. Memerangi HIV/AIDS , malaria dan penyakit “ganas” lainnya
  7. Menjaga keseimbangan lingkungan
  8. Kemitraan untuk pembangunan
Ternyata, kalau mau ditilik lebih lanjut lagi, kedelapan hal di atas tersebut semuanya masih terjadi di Indonesia ! damn, bahwa ternyata rakyat Indonesia masih banyak yang kelaparan dan tidak sempat mengenyam pendidikan yang layak rupanya. Kalau begitu tidak usah kita melihat negara-negara Afrika yang sudah terlanjur dicap sebagai benua miskin (coba bayangkan negara Rep.Afrika Selatan dengan Indonesia? Mana yang lebih makmur?).

Saya terlalu angkuh untuk memandang diri sebagai orang yang berkecukupan sementara diluar sana, yang pasti dekat dengan sekeliling kita masih banyak orang-orang yang harus di-upgrade untuk mencapai MDG. Wah, terlalu utopis rasanya kalau saya berangan-angan membayangkan negara (Kota Bandung lah minimal) ini tidak lagi mesti bersusah payah mengejar sebuah program yang disebut MDG. Semoga saya saja yang angkuh, tidak pada Anda, bayangkan kalau semua orang seperti saya memiliki pandangan yang sama. Tidak bisa dibayangkan, butuh berapa puluh tahun lagi Indonesia bisa mencapai MDG itu ?

Akhirnya, saya berterimakasi kepada Dian Sastro yang telah sedikit membuka rasa penasaran saya terhadap MDG. Kalau saja saya tidak menyaksikan kilasan iklan itu, mungkin saya masih cuek-cuek saja dengan kehidupan sosial bangsa ini. Walaupun tidak terlalu signifikan setidaknya saya sudah diingatkan oleh Dian.

kunjungi site ini



No comments:

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)