Mar 4, 2007

cerita teman

Teman saya Kokoh, punya pendapat yang disampaikannya ketika kuliah Perencanaan Partisipatif. Bahwa kecenderungan orangtua kita untuk tidak memberitahukan masalah pekerjaan mereka kepada anak-anaknya. Terlebih dahulu ia melakukan survey kepada beberapa teman saya pada kuliah yang sama dan hasilnya semua teman yang ditanyai olehnya semua tidak tahu ada visi institusi orangtuanya bekerja. See? Teman saya memang seorang jeniu yang dapat menyimpulkan hal tersebut. Korelasinya adalah anak yang tidak tahu visi institusi orangtuanya itu berarti sang orangtua tidak ingin memberitahukan mengenai masalah-masalah yang terjadi di kantor tempat sang orangtua bekerja.

Tapi saya sedikit akan membantah kesimpulan dari si jenius kokoh, bahwa bagaimana dengan anak yang orangtuanya bekerja di sektor informal? Bagaimana anak yang orangtuanya baru saja di PHK? Bagaimana anak yang orangtuanya seorang penganggur dan pelaku kriminal? Jangankan visi, seabrek masalah pun akan di ceritakan sang orangtua kepada seisi rumah tak luput pada sang anak mungkin. Jadi saya menyimpulkan bahwa sang orangtua tidak akan menceritakan masalah pada anak-anaknya di rumah terhadap masalah di institusi nya apabila sang orangtua sudah seattle di tempat ia bekerja. Bukan begitu, koh?

No comments:

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)