Aug 28, 2008

Bakal Ada Mall di BAKSIL ?

Kaget,penasaran dan kecewa begitu membuka berita dan melihat artikel yang tertulis disana. Lebih lengkapnya baca ini. Apa itu baksil ? oke saya sedikit bercerita mengenai baksil bandung tentu saja dengan ke-soktahu-an saya pribadi.

Baksil adalah kepanjangan dari Babakan Siliwangi. Sebuah ruang terbuka hijau di Kota Bandung yang terletak di sekitar Tamansari-Siliwangi. Tepatnya didekat SABUGA ITB. Dari sejak saya berkuliah di ITB dahulu, tempat ini terkenal dengan areal rimbun, banyak tutupan pohon , dan jangan heran kalau berjalan malam -malam sungguh mengerikan sekali tempat ini. Kawasan ini juga terkenal dengan kawasan rawan macet,terutama jika akhir pekan , acara wisudaan ITB, acara ospek di ITB, dan jam-jam pulang kerja sekitar pukul 17.00.

Ditinjau dari fungsi guna lahannya, Baksil ditetapkan sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Apa itu RTH ? saya comot dari peraturan mengenai zoning regulation dari Direktorat Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum tahun 2006 :

RTH adalah ruang-ruang dalam kota dalam bentuk area/kawasan maupun
memanjang/jalur yang didominasi oleh tumbuhan yang dibina
untuk fungsi perlindungan habitat tertentu dan atau sarana kota,
dan atau pengaman jaringan prasarana dan atau budidaya
pertanian.

Dari berita di detik tersebut, sudah disinyalir kawasan RTH itu akan segera di alihfungsikan sebagai kawasan komersial. Tinggal menunggu waktu saja.Dalam aturan zonasi, kawasan RTH tidak dapat dialihfungsikan sebagai kawasan komersial. Kalaupun itu dilakukan, imbas pembangunan dan operasional dari kawasan komersial itu akan turut mengganggu kawasan di sekitarnya, kawasan permukiman misalnya. Tengok saja, sebentar lagi masyarakat yang bermukim di sekitar siliwangi akan kekurangan air bersih , atau air bersih nya tercemar.

Lebih kecewanya lagi, pembangunan ini ada di dekat kampus ITB ! dimana nih akademisi-akademisi ITB yang katanya sangat concern kepada masyarakat? apa sudah tidak berdaya dengan gelimang uang? atau sebenarnya sudah dikaji masalah ini namun tidak ada tindakan nyata ? sangat disesalkan karena lokasi ini sangat dekat dengan kampus gajah. Kampus yang konon sangat membela kepentingan masyarakat, kampus yang konon mencetak orang-orang pintar. Kecewa juga kepada Pak Dada Rosdada, sang walikota terpilih. Yang menurut kawan saya, sehari setelah dipastikan menang dalam pilkada kemarin, IMB Babakan Siliwangi sudah dikeluarkan. Heran saya, banyak sekali kepentingan yang bermain di Kota Bandung ini. Premanisme modern.

Sudah sedemikian urgent nya kah Bandung untuk memiliki pusat perbelanjaan yang baru (baca : Mall) ? , sudah sedemikian melaratnya kah Kota Bandung sampai menjual aset nya sendiri ke investor untuk disalahgunakan? sudah sedemikian amburadulnya kah penguasa penguasa itu ? sudah semakin tidak kongkrit kah mahasiswa dan akademisi ITB ?

Semoga tidak menambah permasalahan baru di kota ini, amin


Kamis,28Agustus2008
sumber :
sumber 1
sumber 2
sumber 3
tulisan blog orang
tulisan blog orang

3 comments:

morian saspriatnadi said...

hmmmm...udah lama ini kk
isunya udah berkembang sejak feb/maret kalo ga salah...anak2 arsi ama plano juga udah intense bersama km melakukan kajian bahkan kopisore dengan beberapa praktisi dan warga sekitar tentang masalah ini,cm dulu belom jelas, cm desas-desus aja, nah kalo ga salah ini bakal nerbitin buku kajiannya, cm kalo buat tindakan nyata keknya susah, soalnya waktu itu plano juga udah pernah ngundang si DADA, tapi ndak ngasilin apa2 keknya, udah pernah ada yang demo jg kalo ga salah (cmiiw),

nah tadi siang di seminar architecture and urban design ada petisi dan testimoni untuk baksil, mudah2 bakalan banyak yang nandatanganin, di kuliah perencanaan kota bu Nia juga udah dibahas, cm yah balik kesitu2 lagi, semua ada ditangan pengambil keputusan kk....... mudah2an bandung cepat sembuh.......

hk said...

o dah di bahas ya wi ??
PL ama Arsi dah gerak toh , setau gw yg pas PL bikin acara yang sampe ngundang DADA tempo hari gak ngehasilin keputusan da, cuman basa basi si dada doang menjelang pilkada....

ho oh mudah2an bandung cpet sembuh
biar orang2 pada betah tinggal di bandung

ririn said...

kak,kak.. saya baru sebulan nih di kampus gajah. baru denger ada isu ini,hehe..

kalo bikin2 mall gitu.. di area Baksil, yang punya wewenang pemkot bandung atau siapa sih?

itu kan ngelewatin sabuga. itb ga punya wewenang ngelarang ya?

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)