Mar 30, 2008

Gempuran postrock dari Australia

Beri sambutan kepada sleepmakeswaves dan Lakes Of Russia! Setelah beberapa bulan belakangan ini musik postrock yang saya perdengarkan berada di jalur ambient/shoegaze, kita kembali diperdengarkan dengan postrock yang hingar bingar (setidaknya jika dibandingkan dengan album terbaru Gregor Samsa, Resplandor atau Spokes).

Sleepmakeswaves - In Today Already Walks Tomorrow [2008]

sleepmakeswaves adalah band postrock yang memiliki karakter seperti EITS (dengan twinkle guitar nya), 65dos (dengan hentakan drumnya yang dinamis), dan ISIS (distorsi yang kasar dan garang) membuat band yang merilis EP nya yang berjudul In Today Already Walks Tomorrow [EP] (Utopia Records, 2008) wajib untuk terus menerus didengarkan. Simak intro pembuka I Will Write Peace on Your Wings and You Will Fly Over The World (7:22) yang memadukan EITS, 65dos, Isis dipertemukan dengan Mogwai. Single One Day You Will Teach Me to Let Go Of My Fears (berdasarkan review tsb) cukup kuat untuk menyatakan bahwa band ini cukup berkarakter dalam menyajikan musik postrock yang hingar bingar. Keseluruhan EP berisi 6 track, dan track penutup menjadi track kesukaan saya, What We Cannot Speak Of, Must be Passed Over in Silence, berhasil memainkan tempo naik-turun seperti sebuah proses klimak-antiklimaks.
My Rate : 8/10


Lakes Of Russia - Stars Decorate The Fire (2008)

Berbeda sedikit dengan sleepmakeswaves, Lakes Of Russia (band yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan negara Rusia dan memiliki hanya 1 personil), sama sama memiliki pengaruh EITS, dan Isis. Bedanya disini, musik LoR sedikit terpengaruh gaya permainan Mono, ASMZ atau GY!BE yang memasukkan sedikit unsur orkestra dan mendekati kesuraman. Sedikit mengikuti Laura dalam permainan musik mereka, tetapi karakter LoR tetap khas dan mampu membuat kita untuk terus menerus memutar musiknya. Single kesukaan saya adalah Dead Trees. So Awesome !
My Rate :7.5/10


Beberapa album yang wara wiri di playlist saya :
1. You May Die In The Desert and Gifts From Enola - Harmonic Motion Vol 1 (Split 2008)
2. Resplandor - Pleamar (2008)
3. Takahiro Kido - Fleursy Music (2008)
4. The Drift - Memory Drawings (2008)
5. A Hawk in the Heavens - the glow and the approach EP (2008)

No comments:

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)