Dec 12, 2007

Jonny Greenwood - There Will Be Blood (2007)


Siapakah orang yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya atas bunyi-bunyian aneh yang mencampuri warna musik big band RADIOHEAD ?
-

Jonny Greenwood.Selain Thom Yorke, tentu saja.

Melalui album solo projectnya yang kesekian kalinya, gitaris Radiohead ini tetap saja mengusung warna musik eksperimental, lebih menyedihkan dan tragis ketimbang musik Radiohead!

There Will Be Blood merupakan album soundtrack sebuah film yang sepenuhnya penggarapan soundtracknya dilakukan Jonny. Bisa dibayangkan ceritera dalam film itu hanya dengan mendengarkan soundtrack nya saja, tragis, sendu dan mencekam ! tiga kata itu pulalah yang mampu mendeskripsikan album ini.

Atmosfer yang dibangun dalam keseluruhan album ini sungguh gelap. Memasuki track pertama saja kita sudah disuguhi lolongan violin bersahut-sahutan di timpali oleh suara piano yang membuat merinding.

Tipikal scoring sebuah film dimana banyak memainkan emosi dalam setiap nada -nada yang dipilih. Track yang wajib didengar menurut saya adalah "Prospectors Arrive", track berdurasi 4 menit 35 detik ini dibuka dengan string violin dan denting piano yang repetitif hingga hampir setengah lagu , datar dan mencekam, seperti menuntun pendengar ke sebuah lorong gelap yang tak berujung, itulah citra lagu ini. Sedangkan pada track ke 8, "Proven Lands", intronya sangat familiar dengan lagu-lagu khas Radiohead (simak kembali intro There There nya Radiohead), lebih up beat dibandingkan track -track sebelumnya yang mengobral kegalauan dan kesedihan. Selanjutnya track ke 9, "HW/Hoper Of New Fields", karya yang sangat menyayat hati ! perhatikan bagaimana lagu ini menghipnotis Anda dimulai dari detik ke 40 seterusnya sampai memasuki menit ke 2 dimana terjadi penurunan tempo solo biola.


Overall, album solo sekaligus soundtrack yang digarap oleh Jonny Greenwood ini sangat bagus dari segi komposisi dan bangunan musik yang dicitrakan, sebagai album score sebuah film album ini tidak begitu mengecewakan dan sebagai proyek pribadi seorang Greenwood, album ini layak untuk di dengarkan oleh fans Radiohead yang sedikit bosan dengan rintihan dan lenguhan Yorke , sesekali cobalah musik Radiohead minus departemen vokal, hehehe,,,,,,


my rate : 7.5/10 (salah satu kekurangan album ini adalah minimnya instrumen yang digunakan, terkesan monoton lagu per lagu, selain daripada itu sangat lah brilian!)


download
pass : nodatta.blogspot.com



1 comment:

Unknown said...

dah donlot tapi belon gw kupingin..

scr ini kan scoring pelm..
jd gw mo nonton pelmnya dulu
baru abis itu ngupingin album ini

krn mnurut hemat gw, mendengarkan album ini tanpa menonton pelmnya sendiri.. akan mengurangi esensi baik pelm ataupun musik ini sendiri
kaya makan sayur bening ga pake garem bo...

pelmnya sendiri pertengahan dec rilis ... Pemain utamanya Daniel Day Lewis, yg udah dipuji2 atas aktingnya yg gemilang di pelm ini

sutradaranya, Paul Thomas Anderson.. yg dikenal dgn gaya independent movie making nya..
mantannya fiona apple dah..
kayanya dijamin ni pelm bukan pelm hollywood basi!

Paul sendiri itu fans beratnya radiohead..

di atease sih disebutkan klo Paul ngundang jonny scr pribadi buat hang out di rumahnya diaa...bwt discuss pelm bareng..

ga sabar pengen nonton neh :)

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)