Nov 21, 2007

So Stupid

Ini sedikit bercerita mengenai pengalaman saya minggu lalu mengikuti sebuah tes pegawai negeri tingkat pusat. Seperti yang sudah sudah sebelumnya, dilakukan sebuah tes yang dinamakan tes potensi akademik. dan sungguh memalukan, dengan soal soal yang sepertinya sudah cukup familiar menurut saya , malah justru membuat "mati kutu" selama pengerjaan soal soal.

Bagian tes yang membuat saya seperti orang yang bermemori sedikit adalah bagian tes kemampuan berhitung. Wajar saja kalau saya merasa "terpukul" atas kebodohan itu, sebab untuk memasuki institusi kuliah saya dahulu, mesti mati-matian mengerjakan soal soal yang berhubungan dengan hitung menghitung, jadi saya katakan di awal tadi bahwa itu merupakan soal soal yang cukup familiar menurut saya.

Tapi tetap saja setelah 4 tahun meinggalkan rumus rumus dan soal hitung-hitungan membuat memori otak saya kembali tumpul, bahkan untuk satu soal seperti bagi-kali-tambah dan kurang saja saya membutuhkan sekitar 5 menit untuk memecahkannya. Huh, dan sampai saat ini saya tidak habis pikir kenapa saya lupa dengan kata "faktorial", dalam soal ada yang menanyakan 5! : 4! , saya kira itu soal salah cetak, jadi tidak saya kerjakan saja, damn! ternyata itu soal matematika dasar yang menurut saya GAMPANG sekali, siaaaalllll !!!

Institusi saya kuliah dahulu mesti bertanggung jawab atas "degradasi" otak gw ! dulu pas jaman SPMB-SPMB an 1 soal matematika kompleks mampu saya kerjakan sekitar 2-3 menit (dengan rumus-rumus cepat a la Lembaga Bimbingan Belajar tentunya), sekarang untuk soal soal matematika dasar dalam psikotes saya malah merasakan mengerjakan soal yang lebih parah dari soal -soal ujian SPMB! sialan !

Mungkin memang saya sudah tidak memiliki bakat dalam hal-hal seperti itu, dan akhirnya saya memercayai perkataan orang bahwa "ilmu yang tidak di asah, lama lama akan hilang juga" itu akhirnya saya percaya ! untungnya saya masih punya "ilmu" yang lainnya.....

3 comments:

M Fahmi Aulia said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

ilmu apa kaka?

ilmu donlot ya? hehehehe...

BeLLy Blog's said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)