Nov 1, 2007

Review Of The Month

The Silent Ballet: Volume 6 Fall 2007

Apa yang terjadi di dunia perpostrockan di musim gugur kali ini ? jawabannya adalah ketidak jelasan. Setidaknya itulah gambaran yang saya tangkap secara audio setelah berulang ulang menyimak kompilasi The Silentballet Volume VI kali ini yang mengusung tema Cadence Kompilasi yang berisi 10 track dapat dikatakan jauh dari pencapaian sebelumnya. Well, setidaknya ada kekonstanan dalam karya karya postrock yang ditampilkan oleh The SilentBallet.

Dimulai dengan track Bad Vibrations oleh My Education yang akustik, terasa monoton ketika musik yang diracik begitu repetitif, seandainya saja dipotong dengan durasi sekitar 4-5 menit mungkin track ini akan sedikit "hidup" sebagai track pembuka. Hampir semua band yang menyumbangkan single dalam kompilasi ini "kompak" dengan art cover yang bernuansa gelap (dark) diikuti dengan musik yang mereka sumbangkan. Mungkin hanya GP~00 yang sedikit berbeda musiknya namun tetap nuansa yang dihadirkan adalah downbeat/low, Underlapper memberikan single yang jazzy dengan suara suara synth dipadukan simbal dan piano yang bersahut-sahutan dan tempo yang semakin naik pada outro. Strangers Die Every Day mungkin lumayan baik untuk didengarkan berulang ulang, tipikal postrock yang suka memainkan tempo, ada saat-saat klimaks dan ada saat-saat relaksasi. Band lainnya yang bermain upbeat adalah Beast, Please Be Still, The Shy Trafficker yang memainkan postrock simpel paduan drum-bass yang dimainkan dengan tempo yang berbeda, hampir seperti Immanu El.

Watch this band : Strangers Die Every Die, Beast, Please Be Still, GP~00, The Shy Trafficker, dan The Evpatoria Report

My Rate : 7/10

Tracklist

Track 1. My Education: Bad Vibrations
Bad Vibrations, TBA TBA.
website: www.myeducationmusic.com
myspace: www.myspace.com/myeducation

Track 2. Last Days: Two Halves of a Line
These Places Are Now Ruins, 2007 n5md.
website: www.myspace.com/lastdaysmyspace
myspace: www.myspace.com/lastdaysmyspace

Track 3. Morning Stalker: Bromden
Silhouettes 2, 2007 Hello Square Recordings.
website: www.myspace.com/morningstalker
myspace: www.myspace.com/morningstalker

Track 4. GP~00: Achromatic
i, 2007 Forgotten Empires.
website: www.gp-00.com
myspace: www.myspace.com/paradoxprojects

Track 5. Underlapper: Renfeld
Red Spring, 2007 Feral Media.
website: www.myspace.com/underlapper
myspace: www.myspace.com/underlapper

Track 6. Strangers Die Every Day: Untitled
Split with Joseph Childress, 2007 Self-Released
website: www.strangersdieeveryday.com
myspace: www.myspace.com/strangersdieeveryday

Track 7. Building Castles Out of Matchsticks: Smile, Silly Face
Smile, Silly Face!, 2007 9.12 Records.
website: www.room101.net/buildingcastlesoutofmatchsticks
myspace: www.myspace.com/buildingcastlesoutofmatchsticks

Track 8. Beast, Please Be Still: The Guys at the Bar Served Murder
for a Nightcap
Beast, Please Be Still, TBA Beep Repaired.
website: www.beastpleasebestill.com
myspace: www.myspace.com/beastpleasebestill

Track 9. The Shy Trafficker: Ape Will Eat Chicken
Hard Fought, Found Thought, 2007 Self-Released.
website: www.shytrafficker.com
myspace: www.myspace.com/theshytrafficker

Track 10. The Evpatoria Report: Eighteen Robins Road
Maar, TBA TBA.
website: www.the-evpatoria-report.net
myspace: www.myspace.com/theevpatoriareport

Bands or labels wishing to be featured in the next volume should
submit an inquiry to info@thesilentballet.com.

About the Artist

Eric Ross is graphic designer by day, rock musician by night. Currently
attending the Pittsburgh Technical Institute, he’ll be graduating in July 2008
with an Associates Degree in Graphic Design. Those interested in contacting
Eric for other projects should do so at ross1566@students.pti.edu.


download link

thesilentballet




Sigur Ros - Hvarf/Heim (2007)














Penantian selama berbulan bulan terhitung sejak di beritakan penggarapan film yang dibintangi Sigur Ros pada pertengahan Agustus 2007 lalu, Heima, sudah membuat saya begitu penasaran terhadap materi album yang termasuk album b-sides,rarities nya Sigur Ros ini. Tak apalah walaupun bukan studio album tetapi sudah sedikit mengobati kerinduan akan nuansa galau yang disuguhkan icelandic's band ini sembari menunggu rilisan album penuhnya tahun depan.

Format double album Hvarf dan Heim yang total berjumlah 11 track merupakan lagu-lagu Sigur Ros yang telah terlebih dahulu di rilis namun dengan sedikit aransemen dan racikan akustik membuat album ini terdengar seperti album "baru".

3 track yang ada pada album Hvarf merupakan materi baru yang belum pernah di rilis oleh Sigur Ros pada album album sebelumnya,yaitu Salka, Hljomalind, dan I Gaer. Intro mengawang awang pada track Salka seolah menjadi "pembuka" untuk menerbangkan pendengarnya , dan diikuti dengan lenguhan falset Jonsi semakin membuat hati tertusuk dan bergidik, dengan lirik yang repetitif membuat lagu ini terasa nuansa gelap dan sendu khas Sigur Ros. Berbeda dengan Salka, pada track selanjutnya, Hljomalind, nuansa yang diciptakan lebih "segar", bagian yang saya sukai adalah ketika masuk sesi bridge menuju chorus yang diikuti backsound falset plus string yang melengking, bass yang "padat" dan konstan nya ketukan drum membuat bagian reff pada track ini menjadi klimaksnya. Pada track I Gaer diiringi suara triangle yang lembut tiba tiba dikejutkan dengan sound keras untuk kemudian menuntun Anda untuk mendengarkan falset Jonsi yang sekilas seperti orang yang kehilangan semangat hidup. Track ini dapat dikatakan track paling "keras" dibanding 2 track sebelumnya, dengan tidak melupakan sound sendu dan galau khas Sigur Ros tentunya.

Track lainnya berisi lagu lagu daur ulang, seperti Von (Von) yang dibuat 2 versi yang keduanya tetap menghadirkan atmosphere sendu, yang membedakan adalah Von pada album Heim ditampilkan secara akustik dan Von pada album Hvarf lebih terasa "keras". Kemudian Hafssol yang merupakan versi tambahan pada EP Hoppipolla versi akustik dengan sound bass yang "tebal". Lalu berturut turut versi akustik dari Samskeyti, Staralfur, Vaka, Agaetis Byrjun dan Heysatan yang melengkapi album b-sides, unreleased dan rarities Sigur Ros tahun ini. Namun sangat disayangkan di album ini tidak ditampilkan single Njosnavelin (Untitled #4) yang ditampilkan dalam film Heima.

Overall, walaupun materi dalam double album ini bukan merupakan sesuatu yang baru saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada mereka. Sembari menunggu album penuh nya dan film Heima (apakah akan rilis di Indonesia ?) ada baiknya sedikit bernostalgia dengan lagu lagu daur ulang Sigur Ros ini, niscaya hati Anda yang semula ceria akan luluh dan hati Anda yang semula galau akan semakin depresi setelah menyimak keseluruhan materi album ini , terlebih dengan didukung oleh cuaca yang hujan dan lampu kamar temaram, haha....

my rate : 8/10
download

No comments:

All of a Sudden I Miss Everyone (Explosions In The Sky)